Laporkan Penyalahgunaan

Penting, cara mengetahui Facebook dan Twitter apakah terkena hack

Posting Komentar
Berhati-hatilah menjaga  akun Twitter dan Facebook  anda, karena banyak sekali pihak yang tidak bertanggung jawab yang menjebol akun Twitter dan Facebook orang lain untuk tujuan yang tidak baik.

Pada bulan Desember 2016 kemaren, akun Twitter aktor ternama Hollywood Bob Dylan terkena hack, sehingga dia seolah-olah  memposting tentang kematian Britney Spears "Britney Spears is Dead by Accident". Ini tentu saja membuat bingung para penggemarnya. Akhirnya Sony Music minta maaf atas kejadian ini.



Sebenarnya anda beberapa hal sederhana untuk mengetahui apakah akun Twitter dan Facebook kita masih aman atau sudah terjamah orang-orang jahat. 

Twitter

Lihatlah siapa yang login dan dari mana login itu. Klik Settings>Your Twitter Data. Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password. 

Dari sini, anda akan melihat daftar perangkat yang membuka akun Twitter anda, demikian juga dengan aplikasi pihak ketiga yang anda ijikan untuk terhubung ke akun twitter anda. 

Apabila anda melihat ke login history, dan anda menemukan ada aktivitas aneh dari lokasi atau negaya yang tidak anda kenal, maka dapat dipastikan akun Twitter anda terkena hack. Segera ganti password Twitter anda. 

Sebaiknya anda secara rutin mengganti password Twitter anda, dan pergunakanlah kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka yang tidak berurut, dan karakter, dengan panjang minimal 10 karakter. 

FACEBOOK

Untuk melihat siapa dan darimana akun Facebook anda di akses, masuk ke Settings>Security>Where You're Logged in. Klik Edit, maka semua riwayat aktivitas di akun Facebook anda akan terbuka. 

Facebook memberikan fasilitas untuk melogout semua aktivitas itu dengan mudah, cukup mengklik End All Activity. Jika ingin mematikan aktivitas tertentu saja, klik End Activity

Facebook juga memberikan perlindungan aktif untuk mencegah akses yang tidak anda ijinkan. Dari halaman yang sama, klik ke Login Alerts, maka facebook akan memberitahu melalui email anda jika ada akses yang lain dari biasanya. 

Facebook dan Twitter juga memberikan perlindungan tambahan dengan fasilitas two-factor verifications, yaitu selain login, anda akan diverifikasi ulang ke smartphone anda jika melakukan login.  

Related Posts

Posting Komentar