Laporkan Penyalahgunaan

Cara Check Apakah Akun Tokopedia Anda Telah Bocor?

Posting Komentar
Waspadalah, sebanyak 15 juta pengguna Tokopedia diduga bocor di dunia maya. Bahkan, kabar terbaru menyebut data 91 juta pengguna dan lebih dari 7 juta merchant Tokopedia dijual di situs gelap. Data-data tersebut dijual dengan harga 5.000 dollar AS (Rp 74 juta).

Kejadian  sangat berbahaya bagi akun yang ikut bocor tersebut, e-mail korban berpotensi disalahgunakan untuk tindak kejahatan, misalnya saja penipuan atau pemerasan. Meski  Tokopedia mengklaim informasi password milik pengguna tetap aman dan terlindungi dengan sekuriti berlapis, tetapi ada baiknya anda tetap waspada, apabila tiba-tiba ada verifikasi OTP, jangan sampai data OTP tersebut anda berikan kepada pihak lain.

Anda dapat memeriksa apakah akun anda telah bocor melalui situs https://haveibeenpwned.com dengan memasukkan alamat email anda. Anda dapat melihat apakah e-mail akun  anda  bocor atau tidak, silahkan di coba memasukan alamat e-mail yang digunakan untuk mendaftar akun Tokopedia. Kemudian klik tombol "pwned" di sisi kanan.

Situs https://haveibeenpwned.com   akan menelusuri database dan akan menginformasikan apabila alamat e-mail tersebut pernah masuk dalam kasus kebocoran data. Laman Have I Been Pwned juga akan memberikan informasi akun di platform mana saja yang terdampak.

Apabila terdampak, sebaiknya segera mengganti password dan aktifkan sistem verifikasi dua langkah untuk meningkatkan perlindungan akun. Ganti juga password layanan online lain yang menggunakan kata kunci serupa.

Related Posts

Posting Komentar