Laporkan Penyalahgunaan

Universitas tanpa Dosen

Posting Komentar
Sebuah universitas tanpa dosen telah dibuka di California pada bulan ini. Namanya adalah 42, diambil dari jawaban pertanyaan tentang makna kehidupan, yang ada di serial film fiksi ilmiah, The Hitchhikers Guide to the Galaxy.

Universitas ini adalah cabang dari institusi di Perancis yang juga menggunakan nama yang sama. Universitas ini akan menampung ribuan mahasiswa dalam bidang pemrograman dan pengembangan software melalui metode saling membantu satu sama lain dalam sebuah project dan saling membantu dalam pekerjaan . Mungkin terlihat seperti orang buta membimbing orang buta yang lain, dan akan sulit bagi para orang tua untuk membayangkan seperti apa bentuknya. Tetapi hal ini telah berjalan di Paris sejak 2013, dan pendaftar di universitas ini  sampai  tidak tertampung.


suasana kampus 42

Kuliahnya Gratis 


Lulusan dari universitas ini banyak yang bekerja di perusahaan-perusahaan IT ternama, seperti IBM, Amazon, dan Tesla, serta banyak juga yang mendirikan perusahaan sendiri.

Universitas 42 ini di  didirikan oleh milyader berkebangsaan Perancis, Xavier Niel, yang memberikan semua fasilitas yang ada sehingga biaya kuliah menjadi gratis.

Niel dan rekannya berasal dari dunia teknologi dan start up, dan mereka menerapkan apa yang dilakukan oleh Facebook dalam komunikasi dan Airbnb dalam hal akomodasi.
Mr Xavier Niel

Niel mengatakan bahwa semua siswa memulai dari tahap yang sama. Niel melihat bahwa baik di Perancis atau Amerika Serikat, mahasiswa di universitas ternama berasal dari latar belakang sosial kelas atas. Tidak semua siswa yang cerdas dapat masuk ke universitas ternama tersebut, tetapi siswa dengan latar belakang sosial yang tinggi pasti akan bisa masuk ke situ. Sedangkan dalam dunia IT, latar belakang sosial yang tinggi, tidaklah sesuatu yang diperlukan. Dalam dunia IT, hal utama yang diperlukan adalah logika, yang merupakan kemampuan untuk mengolah informasi menjadi suatu urutan tertentu. Ini adalah hal yang paling diperlukan bagi orang yang mau terjun ke dunia IT. Mr Xavier Niel ingin membawa hal ini untuk memberikan wadah bagi anak-anak dari berbagai latar belakang sosial dan ekonomi untuk dapat memberikan kemampuan kepada mereka dan dapat mendapatkan pekerjaan dalam dunia IT dan bahkan mendirikan perusahaan IT sendiri.

Mr Xavier Niel mengatakan bahwa dia melakukan ini karena dia ingin memberikan apa yang dia miliki ke tempat-tempat yang telah memberikan dia banyak uang juga dari perusahaan IT yang didirikannya. 

Universitas 42 ini mendapatkan respon yang sangat bagus dari siswa-siswa di Amerika Serikat. Karena banyak yang tidak mampu untuk kuliah di kampus yang ada. Tidak semua siswa mampu membayar biaya USD 50 ribu per tahun untuk kuliah mereka. 

Mudahnya masuk ke Universitas 42


Untuk belajar di Universitas 42 ini, siswa hanya perlu menyebutkan nama, nama belakang, tanggal lahir, berusia antara 18-30 tahun. Tidak ada syarat yang lain, tidak perlu memiliki ijazah. Di Perancis yang telah berdiri sejak 2013, Universitas 42 ini menerima siswa dari berbagai penjuru dunia, bahkan ada yang belum bisa berbahasa Perancis. 

Kemudian hanya ada satu tes logika secara online. Siswa yang memiliki nilai matematika buruk pun dapat lolos tes logika ini, karena ini adalah tes logika. Tes nya semacam permainan, dimana dalam permainan ini tidak ada aturan, tetapi anda harus dapat menemukan jawabannya. Bagi yang lolos dari tes permainan ini, akan di undang ke La Piscine ("kolam renang").

Dalam tes online, mereka di tes mengenai logika, jika lolos, mereka akan masuk ke La Piscine, di sini mereka akan berenang dalam pekerjaan. Di sini akan diberikan ujian berupa seberapa kuat motivasi mereka. Mereka akan bekerja di sekolah selama 450 jam sebulan, atau 15 jam per hari selama 30 hari. Dalam test ini akan terseleksi secara alami, siapa yang memiliki motivasi kuat atau yang kurang kuat, banyak yang mundur dalam test ini.

Tetapi banyak juga yang bertahan. Bagi yang bertahan, mereka akan  banyak belajar  berbagai teknik komputer. Selama sebulan itu, mereka telah memahami cara bagaimana menulis program komputer. Setelah lolos dari tahap ini, siswa akan terus dikembangkan supaya kelak menjadi profesional di bidang komputer. Anda tertarik untuk belajar di kampur ini? silahkan mendaftar di https://www.42.us.org/

Related Posts

Posting Komentar