Laporkan Penyalahgunaan

Segera Cek Android Anda terinfeksi Virus Gooligan atau Tidak

Posting Komentar
Malware  Ghost Push yang telah mengancam semua perangkat android sejak dua tahun yang lalu beralih rupa menjadi lebih ganas, dengan nama saat ini Gooligan. Malware Gooligan ini pertama kali diketahui oleh perusahaan keamanan jaringan komputer CheckPoint. CheckPoint menyebutkan bahwa sudah lebih dari 1 juta akun google yang terinfeksi Gooligan dan angka ini terus bertambah sebanyak 13.000 akun yang terinfeksi Gooligan setiap harinya.

Berdasarkan analisa dari CheckPoint, disebutkan bahwa malware Gooligan ini akan masuk ke perangkat android dan mencuri berbagai informasi untuk kemudian mengakses data-data Gmail, Google Play, Google Photos, Google Docs, G Suit, Google Drive dan lainnya.  Oleh karena itu director keamanan Android di Google, Adrian Ludwig, juga membenarkan analisa dari CheckPoint dan memusatkan perhatiannya kepada ancaman Malware Gooligan ini bersama dengan timnya.


Cara Kerja Gooligan


Gooligan adalah varian dari malware Ghost Push. Ini adalah sekumpulan aplikasi yang berbahaya, yang biasanya tidak disadari oleh pengguna android saat
mereka secara sembarangan mengunduh aplikasi dari situs-situs yang tidak bertanggung jawab (bukan dari Google Play). Sekali masuk ke perangkat android, aplikasi ini akan secara diam-diam mengunduh aplikasi-aplikasi berbahaya yang lain, tanpa diketahui oleh pemilik android. Kemudian, setelah semua aplikasi Gooligan masuk, aplikasi itu akan secara diam-diam mencuri semua data anda dan menguploadnya ke hacker yang ada di lokasi tertentu. 

Siapa yang Berpotensi Menjadi Sasaran Gooligan ini?

Jika anda menggunakan android versi 5 ke bawah (Lolipop) maka anda masih berpotensi terkena serangan ini. Sayangnya saat ini hampir 75 persen perangkat android masih menggunakan android versi 5 ke bawah, dengan 57 persen di Asia, 19 persen di US, 15 persen di Afrika, 9 persen di Eropa. 

Segera Periksa Apakah Android anda terinfeksi Gooligan.

Check point membuat sebuah website https://gooligan.checkpoint.com/  untuk memeriksa apakah piranti android anda terinfeksi Gooligan atau tidak. Dan jika ternyata android anda telah terinfeksi, lakukan hal berikut ini : 

- Hal terbagus adalah melakukan flash piranti anda, harap di catat, semua data di ponsel anda akan hilang. Jika anda tidak yakin, kunjungilah teknisi ponsel.
- Setelah anda membersihkan Android anda, gantilah password Google anda.  Tidak ada salahnya anda juga melakukan sekarang meskipun tidak terdeteksi terkena malware.
- Jangan pernah memasang aplikasi yang bersumber dari developer yang tidak resmi, paling mudah install dari Google Playstore saja. 
- Jangan pernah mengklik iklan yang pop up di layar anda.
-Secara rutin mengganti password akun anda, seperti Facebook, Google, Twitter dan sejenisnya.



Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar