Laporkan Penyalahgunaan

Astaga, 13.1 juta komputer di Indonesia terinfeksi Fireball Malware

Posting Komentar
Radarteknologi: Baru beberapa minggu yang lalu, dunia di hebohkan dengan infeksi masal ransomware, saat ini ada malware dengan nama Fireball  uang telah menjangkiti 250 juta komputer di dunia. Fireball ini diketahui oleh para peneliti keamanan komputer dari Check Point.

Malware Fireball ini dapat dipergunakan oleh penyerang unuk mengendalikan browser korbannya, yang akan dipergunakan untuk mencuri data mereka. Malware Fireball ini dapat masuk ke komputer korbannya melalui aplikasi dan game gratisan, serta aplikasi bajakan yang tersebar di Internet.

Malware Fireball ini telah menginfeksi ratusan juta komputer, dan 20 persen di antaranya adalah komputer perusahaan. Berikut prosentasi penyebaran malware ini.

  • 25.3 juta komputer  di India telah terinfeksi (10.1%)
  • 24.1 juta komputer di Brazil telah terinfeksi (9.6%)
  • 16.1 juta komputer di Mexico telah terinfeksi (6.4%)
  • 13.1 juta komputer di Indonesia telah terinfeksi (5.2%)
  • 5.5 juta komputer di US telah terinfeksi (2.2%)

Apa ciri-ciri komputer anda terinfeksi malware Fireball ini? Setiap browser memiliki default mesin pencari, biasanya google, yahoo, bing dan beberapa yang lain. Apabila tiba-tiba browser anda mesin pencari defaultnya berubah menjadi trotux.com, maka dipastikan anda terkena malware ini. Saat browser anda sudah terkena Fireball, maka para penyerang dapat memata-matai trafik internet anda, menjalankan berbagai aplikasi berbahaya yang akan menghabiskan bandwidth internet anda.

Apabila anda menjumpai browser komputer anda berperilaku aneh, segera lakukan full scan dengan antivirus anda, kemudian reset konfigurasi browser, dan hapus add on yang dirasa aneh. Anda juga harus selalu menjaga database antivirus selalu diperbaharui. Serta selalu berhati-hati atau lebih baik menghindari menggunakan aplikasi yang tidak jelas asalnya.


Related Posts

Posting Komentar