Laporkan Penyalahgunaan

36 Malware ditemukan menyusup dari awal di sejumlah ponsel Android

Posting Komentar
Check-Point, perusahaan keamanan teknologi dari Israel  yang berdiri sejak 1993, merilis sebuah laporan yang mengejutkan. 36 Malware telah menyusup di sistem android sejak awal sebelum sampai di tangan pengguna.

Ini adalah hal yang tidak biasa, karena virus tidak menginfeksi setelah pemakaian, tetapi sudah terbawa sejak pengiriman dari pabrik. Check-Point melaporkan bahwa malware tersebut sudah ada di perangkat android sebelum pengguna menerimanya.
Malware ini menempel pada aplikasi-aplikasi yang bukan bawaan ROM dari pabrik, tetapi ditambahkan di suatu tempat sepanjang proses penyediaan. Enam malware positif masuk ke sistem privileges android, yang berarti user tidak dapat menghapus aplikasi yang terinfeksi tersebut, dan piranti harus di flash ulang.

Sebagian besar malware tersebut merupakan malware pencuri informasi pengguna dan jaringan iklan yang buruk, salah satunya adalah malware ransomware mobile yang bernama slocker.

Slocker adalah ransomware yang dapat menginfeksi file, kemudian mengunci file tersebut sehingga tidak dapat dibuka, dan kemudian hacker akan mengirimkan permintaan uang tebusan jika pengguna menginginkan filenya kembali utuh.

Selain Slocker, Loki juga dilaporkan menempel sejak awal di sejumlah ponsel android. Loki menampilkan iklan yang tidak bagus dengan tujuan mencari pendapatan dari iklan tersebut.

Hal ini sangat mengkhawatirkan, karena malware menyusup sejak awal dan pengguna tidak akan menyadari bahwa dirinya dalam bahaya. Pengguna akan menerima piranti yang sudah mengandung jalan  belakang bagi penyusup tanpa diketahui pengguna.

Jika anda menggunakan salah satu perangkat yang masuk dalam daftar berikut, anda harus memeriksa ulang perangkat anda. Berikut perangkat yang dilaporkan checkpoint memiliki malware sejak awal.
Seri Ponsel File APK
Galaxy Note 2 LG G4 com.fone.player1
Galaxy S7
Galaxy S4
com.lu.compass
Galaxy Note 4
Galaxy Note 8.0
com.kandian.hdtogoapp
Galaxy Note 2
Xiaomi Mi 4i
com.sds.android.ttpod
Galaxy A5 com.baycode.mop
Galaxy S4 com.kandian.hdtogoapp
ZTE x500 com.iflytek.ringdiyclient
Galaxy A5 com.android.deketv
Galaxy S4,Note3,Note Edge,Note 4 com.changba
Galaxy Tab S2 com.example.loader
Galaxy Tab 2 Galaxy Tab 2
Oppo N3
vivo X6 plus
com.android.ys.services
Galaxy S4 com.mobogenie.daemon
5 Asus Zenfone 2
LenovoS90
com.google.googlesearch
LenovoS90 com.skymobi.mopoplay.appstore
OppoR7 plus com.example.loader
Xiaomi Redmi com.yongfu.wenjianjiaguanli
Galaxy Note 4 air.fyzb3
Galaxy Note 5 com.ddev.downloader.v2
Galaxy Note Edge com.mojang.minecraftpe
Lenovo A850 com.androidhelper.sdk

Segera lindungi perangkat anda dengan memasang perangkat keamanan yang terpercaya dan block setiap perilaku yang tidak wajar dari perangkat android anda.

Related Posts

Posting Komentar