Laporkan Penyalahgunaan

Password paling banyak dipakai di tahun 2016

Posting Komentar
weak passwordSetiap tahun, pakar keamanan mengeluarkan data-data password yang umum dipakai pada tahun sebelumnya. Dan hasilnya sangat mengejutkan, karena dapat membahayakan penggunanya.

Keeper, yang merupakan perusahaan yang fokus terhadap keamanan pengguna, mengeluarkan laporan terhadap analisa dari 10 juta data pengguna korban pembajakan yang dibocorkan oleh para hacker, dan betapa terkejutnya mereka, karena 17% dari password itu adalah "12345". Berikut ini 10 password yang paling sering dipakai dan sangat mudah untuk ditebak.

  • 12345
  • 123456789
  • qwerty
  • 12345678
  • 111111
  • 1234567890
  • 1234567
  • password
  • 123.123
  • 987654321
Terlihat, bahwa pola ini masih sama sebagaimana pola-pola sebelumnya. Padahal para pakar keamanan telah berulang kali merilis pengumuman untuk menghindarkan penggunaan password itu.

Bagaimana cara meningkatkan keamanan passwod anda ?


Ada beberapa cara sederhana untuk meningkatkan kekuatan password Anda.

Gunakan campuran karakter, huruf besar dan kecil huruf, angka dan karakter khusus. Dan pastikan  yang anda gunakan mudah anda ingat. 

Jangan menggunakan kata-kata yang ada di kamus. Karena kamus bahasa adalah rujukan pertama para hacker. mereka menggunakan database kata-kata di kamus sebagai alat pertama untuk menjebol password anda.  

Gunakan password manager,  dengan begitu banyak situs yang memerlukan anda untuk  menggunakan password untuk login, anda pasti tergoda  untuk menggunakan password yang sama untuk semua hal itu.  Itu sangat berbahaya. Dengan menggunakan password manager Anda dapat menghasilkan password yang kuat dan membantu  untuk mengingatkan password yang anda pakai.

Meskipun banyak website yang meningkatkan keamanan dengan dua lapis pengamanan, yaitu otentikasi dan fitur biometrik, kebanyakan user masih memilih untuk menggunakan username dan password. 

Sangat penting bagi kita untuk memperhatikan kekuatan password yang dipergunakan, jangan menggunakan kata-kata yang ada di dalam kamus, karena akan sangat memudahkan penebakan secara langsung selain akan mudah untuk dijebol dengan brute force attack. Memiliki password yang komplek memang tidak 100% menjamin kemanan anda, tetapi akan memperkecil peluang hacker untuk menjebol akun anda. 
 
Password yang umum dan lemah, akan memudahkan hacker menjebol akun anda, dalam hitungan detik dan hanya menggunakan aplikasi sederhana, mereka akan masuk ke akun anda.  Jadi amankan data dan akun anda dengan menggunakan password yang kuat.


Related Posts

Posting Komentar